Senin, 21 Mei 2012

seporter indonesia tak membuat malaysia gentar

Suporter Indonesia Tak Membuat Malaysia Gentar
Ferril Dennys | Laksono Hari W | Selasa, 15 November 2011 | 06:43 WIB
Dibaca: 52
|
Share:
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Ilustrasi aksi suporter Indonesia.
JAKARTA, KOMPAS.com — Pendukung sering dianggap sebagai pemain ke-12 dalam sebuah tim. Indonesia memiliki suporter luar biasa yang berkomitmen penuh mendukung perjuangan Egi Melgiansyah dan kawan-kawan di  SEA Games XXVI.
Hal tersebut ternyata tidak membuat Malaysia gentar saat melawan Indonesia pada lanjutan penyisihan Grup A, Kamis (17/11/2011). Padahal, "Harimau Muda" sudah merasakan bagaimana tekanan yang diberikan pendukung Indonesia. Saat Malaysia melawan Kamboja, Minggu lalu, puluhan ribu penonton yang memadati Stadion Gelora Bung Karno memberikan dukungan kepada Kamboja.
Dukungan tersebut membuat Kamboja semakin percaya diri. Beberapa pemain Kamboja berani melakukan penetrasi dengan melewati dua hingga tiga pemain Malaysia. Perlakuan berbeda diterima Malaysia. Setiap kali melancarkan serangan, pemain Malaysia mendapatkan teriakan cemoohan dari pendukung Indonesia. Namun, dukungan yang diberikan pendukung Indonesia tidak bisa menyelamatkan Kamboja dari kekalahan. Kamboja menyerah 1-4.
Pelatih Malaysia, Ong Kim Swee, mengaku tak gentar terhadap intimidasi yang kemungkinan akan diberikan oleh suporter Indonesia kepada tim Malaysia pada pertandingan lusa. Menurut dia, Bakhtiar Baddrol dan kawan-kawan sudah terbiasa dengan tekanan dari suporter lawan.
"Kami tahu ini bahkan sebelum kami datang ke sini. (Kondisi) ini sudah begitu sejak kami melakoni pertandingan pertama. Kami telah memainkan tiga pertandingan. Saya pikir anak-anak menjadi terbiasa dengan hak tersebut, " kata Kim Swee seperti dilansir aseanfootball.org Terlepas dari itu, Kim Swee tidak memungkiri Indonesia adalah tim yang sulit ditaklukkan. Oleh karena itu, ia meminta timnya fokus pada pertandingan nanti. "Kami harus memberikan yang terbaik melawan Indonesia. Kepercayaan diri tim kami meningkat dan itu pertanda baik menjelang pertandingan grup terakhir," jelas Kim Swee.
Indonesia saat ini puncak Grup A dengan mengoleksi sembilan poin. Malaysia berada di urutan kedua dengan tujuh poin. Pertarungan itu merupakan penentuan bagi Malaysia dan Indonesia untuk menjadi juara klasemen Grup A.
Malaysia berpeluang besar mendampingi Indonesia pada babak semifinal SEA Games 2011. Jika Malaysia kalah di tangan "Garuda Muda", Singapura berpeluang merebut tiket empat besar asalkan mampu menang atas Thailand dengan memerhatikan selisih gol Malaysia. (AFF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar